Tuesday, June 21, 2011

Tokoh Dunia Komputer

Penemu World Wide Web
Tim Berners-Lee merupakan penemu World Wide Web tahun 1989. Ia merupakan sarjana alumni Oxford University di Inggris. Ketika masih kuliah Tim Berners-Lee sudah bisa merakit komputer sendiri dari barang bekas elektronik seperti bekas Televisi.
Tim Berners-Lee menjadi Dewan Pendiri 3Com pada Laboratory for Computer Science, MIT. Setelah lulus dari Oxford tahun 1976, ia bekerja pada Plessy Telecommunications Ltd, dibidang sistem transaksi tersebar, message relay dan teknologi barcode. Tahun 1978, Tim Berners-Lee bergabung dengan D.G Nash Ltd. tempat dimana ia membuat software untuk printer cerdas dan Multitasking Operating System.
Selain itu, Tim Berners-Lee juga membuat program Browser pertama dan server WWW yang pertama di dunia. Saat ini browser yang paling banyak digunakan adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan Google Chrome. Tim Berners-Lee juga menulis piranti lunak yang mendefinisikan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Semua aplikasi ciptaannya dipergunakan banyak orang untuk menampilkan isi sebuah situs web dan protokol bagaimana situs web tersebut dapat ditemukan di Internet dan berkomunikasi satu sama lainnya. Saat ini Tim Berners-Lee dipercaya sebagai pengarah World Wide Web Consorsium.

Sumber : Bahan Ajar KKPI SMK Multimedia

TAG : protokol, browser, barcode

1 comment:

Anonymous said...

Kapan ya aku bisa menjadi tokoh yang hebat ....

web4invest murah berkah bisnis